A. Analisis Keterampilan Praktek
Mengajar 1 Mahasiswa Semester VI di STAIN Pamekasan
B. Konteks Penelitian
Micro Teaching merupakan salah satu mata kuliah berbobot 3
Sks yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa semister VI Stain Pamekasan dari
semua jurusan Tarbiyah. Mata kuliah ini sebagai syarat mengikuti program
pelaksanaan praktek lapangan (PPL). Mahasiswa dalam praktek Micro Teaching
sudah menggunakan media pembelajaran power point, karena dengan
ruang Micro yang dilengkapi dengan proyektor/LCD. jadi sangatlah penting
mata kuliah Micro Teaching bagi
mahasiswa semister VI, agar dalam mengikuti program Pelaksanaan Praktek
Lapangan (PPL) memiliki kesiapan dan keterampilan untuk kegiatan belajar
mengajar.
Secara umum, pembalajaran Micro mempersiapkan mahasiswa calon guru
untuk menghadapi pekerjaan mengajar sepenuhnya di muka kelas dengan memiliki
pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sikap sebagai guru yang profesional.[1]
Secara khusus, setelah mengikuti program Micro
Teaching mahasiswa atau calon guru diharapkan dapat menganalisis tingkah
laku mengajar kawan-kawannya dan diri sendiri, melaksanakan keterampilan khusus
dalam mengajar, tepat, mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif,
produktif dan efisien, dan dapat bersikap profisional keguruan.[2]
Dalam mata
kuliah Micro Teaching bukan hanya dipelajari tentang bagaiman mengajar
dengan baik, namun. Mahasiswa harus memiliki keterampilan mengajar. Keterampilan adalah ketangkasan, kemahiran.[3]
Sedangkan mengajar adalah suatu rangkaian kegiatan penyampayan bahan pelajaran
kepada siswa agar dapat menerima, menanggapi, menguasi dan mengembangkan bahan
pelajaran tersebut.[4] Jadi keterampilan mengajar adalah ketangkasan dan
kemahiran guru dengan menggunakan segala kemampuannya untuk mengajar agar siswa
dapat menerima, menanggapi, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran
tersebut.
Keterampilan dalam proses pembelajaran
sangatlah penting, seorang guru harus mampu menguasai kelas agar dapat
mengetahaui perbedaan tiap siswanya. Sehingga disini peran mahasiswa sebagai
calon guru yang memiliki keterampilan harus berusaha untuk menggunakan berbagai
macam gaya dan cara mengajar untuk membantu para siswa menyerap informasi dan
memperkuat pemahamannya. Keterampilan yang harus dimilki oleh seorang guru
adalah keterampilan dalam pengelolaan kelas dari membuka sampai menutup
pelajaran.
Namun, sebelum melaksanakan pembelajaran Micro,
mahasiswa diharuskan untuk dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan
baik sehingga pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Akan tetapi dalam
kenyataannya mahasiswa masih kesulitan dalam penyusunannya. Banyak mahasiswa
belum mengikuti panduan yang sesuai dengan ketentuan yang ada, karena banyak
yang masih mencontek pada social media dan menyalinnya untuk kepentingan tugas
dalam penyusunan RPP. Sehingga, hal ini mempengaruhi hasil dari tujuan
pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dipandang
sebagai suatu alat yang dapat membantu para pengelola pendidikan untuk menjadi
daya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Dalam penyusunannya merupakan
sebuah proses, disiplin ilmu pengetahuan, realitas, sistem dan teknologi
pembelajaran yang bertujuan agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan
efektif dan efisien[5].
Sehingga perencanaan dalam pembelajaran penting untuk diadakan.
Adapun implementasinya dengan penggunaan
media pembelajaran dalam prakteknya akan membantu kelancaran dalam pencapaian
tujuan pembelajaran. Dalam praktek Micro Teaching, mahasiswa sebagai
calon guru hendaknya mampu mengimplementasikan RPP yang mereka buat sehingga
apa yang tercantum di dalamnya memang benar-benar diterapkan bukan hanya
tertulis. Oleh karena itu mahasiswa sebagai calon guru harus mempunyai
keterampilan dalam menyusun RPP dan menerapkannya pada praktek Micro
Teaching melalui media pembelajaran atau media lain. Keterampilan tersebut,
dapat mengindikasikan kemahiran dan kecakapan dalam pembelajaran Micro.
Berdasarkan pokok-pokok pikiran di atas,
penulis memandang penting untuk diadakan penelitian tentang “Analisis Keterampilan Praktek
Mengajar 1 Mahasiswa Semester VI di STAIN Pamekasan”.
C. Fokus
Penelitian
Berdasarkan dalam konteks penelitian di
atas, selanjutnya penulis dapat memfokuskan penelitian masalah sebagai berikut:
a. Apa Sajakah Persiapan Mahasiswa Semester VI
Dalam Mengikuti Keterampilan Praktek Mengajar 1 di STAIN Pamekasan ?
b. Bagaimanakah Hasil Dari Keterampilan
Praktek Mengajar 1 di STAIN Pamekasan ?
D. Tujuan
Peneitian
Tujuan penelitian merupakan salah satu
factor penting karena dapat menjadi acuan dalam kegiatan penelitian. Oleh
karena itu, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut:
a. Untuk Mengetahui Persiapan Mahasiswa
Semester VI Dalam Mengikuti Keterampilan Praktek Mengajar 1 di STAIN Pamekasan
b. Agar Supaya Mengetahui Hasil Dari
Keterampilan Praktek Mengajar 1 di STAIN Pamekasan
[1]
Masrurah Waqiatul, Praktek Mengajar 1 (Pembelajaran Micro Teaching
Dalam Teaching Skills) (Surabaya:
Pena Salsabila, 2014), hlm. 9.
[2] Ibid. 10.
[3] Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa
Idonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997), hlm. 159.
[4] Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan
Kontekstual (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 198.
No comments:
Post a Comment