Saturday, February 6, 2016

Tugas Akhir Semester PERMASALAHAN SISWA DALAM KESULITAN BELAJAR


Tugas Akhir Semester
PERMASALAHAN SISWA DALAM KESULITAN BELAJAR
Dosen Pengampu : Halimatus Sa’diyah, M.Pd.I

]








Di susun oleh :
MUHAMMAD MAHMUDI
18201201010159



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI  PAMEKASAN
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2014/2015

Identitas Responden :
A.    Nama Responden        : Ach. Junaidi
No. Induk                   : 6822
Sekolah                       : SMP Al-Falah
Alamat Sekolah           : Jl. Simpang Tiga, Branta, Tlanakan, Pamekasan
Alamat                                    : Ds. Branta Tinggi

B.     Nama Orang Tua         :
a.         Ayah                    : Sobari
b.         Ibu                        : Iyut Priyanti
Alamat                         : Ds. Branta Tinggi

Deskripsi Kasus
Juaidi Adalah Siswi dari SMP Al-Falah Branta Tinggi. Sekarang kelas IX Dia adalah anak Pertama dari 3 saudara. Dia tinggal bersama Orang tuanya di Branta Tinggi, Tlanakn, Pamekasan. Dan pekerjaan Orang tuanya adalah penjual ikan. Dia tugasnya sebagai pelajar tetapi dia juga membantu Orang tuanya untuk menambah ekonomi keluarganya dengan Nelyan.
Dia tidak bisa mengatur waktu antara tugasnya sebagai pelajar dan pekerjaannya sebagai nelayan, karena dia sering izin tidak masuk sekolah dikarenakan ada tawaran nelayan,  padahal tugas utama dia adalah sebagai pelajar. Dan dia mempunyai masalah dalam belajarnya, susah memahami pelajaran yang diterimanya. Dia malas belajar atau mengulang kembali pelajaran yang diterimanya di rumah dan dia belajar saat ada tugas rumah dan mau ujian, dia mempunyai alasan susah paham dan cepat lupa pelajaran yang dipelajarinya sebelum ujian berlangsung, sehingga dalam  ujian  dia hanya mendapatkan nilai rata-rata tidak maksimal.




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam keseluruhan sistem pendidikan, tujuan pendidikan merupakan salah satu komponen pendidikan yang penting, karena akan memberikan arah proses kegiatan pendidikan. Segenap kegiatan pendidikan atau kegiatan pembelajaran diarahkan guna mencapai tujuan pembelajaran. Tetapi dalam kegiatan pembelajaran dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik  siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar, siswa telah dapat menguasai sekurang-kurangnya 60% dari  pelajaran yang diterimanya dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan belajar tersebut seperti halnya yang dialami oleh Ach. Junaidi siswa SMP Al-Falah Branta Tinggi yang sulit dalam pemahaman pelajaran. 
Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis. Sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Mengidentifikasi berbagai permasalahan siswa dalam kesulitan belajar.
2.      Langkah mengatasi permasalahan pembelajaran.
3.      Penyelesaian permasalah dalam kesulitan belajar yang dihadapi Responden.

C.     Tujuan

1.      Untuk mengetahui berbagai permasalahan siswa dalam kesulitan belajar.
2.      Untuk mengetahui langkah mengatasi permasalahan pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui permasalah dalam kesulitan belajar yang dihadapi Responden.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Konsep Teori
1.         Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar siswa mencakup pengertian yang luas, diantaranya :
a.       Learning Disorder atau Kekacauan belajar  adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya yang mengalami kekacauan belajar  potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan. Sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya.
b.      Learning Disfunction adalah gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat kelamian, atau gangguan psikologis lainnya.
c.       Under Achiever adalah mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah.
d.      Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama.
e.       Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.
Sementara itu, Burton (Abin Syamsuddin. 2003) mengidentifikasi siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar, yang ditunjukkan oleh adanya kegagalan siswa dalam mencapai tujuan-tujuan belajar. Menurut dia bahwa siswa dikatakan gagal dalam belajar apabila :

a.       Dalam batas waktu tertentu yang bersangkutan tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau tingkat penguasaan materi (mastery level) minimal dalam pelajaran tertentu yang telah ditetapkan oleh guru (criterion reference).
b.      Tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi semestinya, dilihat berdasarkan ukuran tingkat kemampuan, bakat, atau kecerdasan yang dimilikinya. Siswa ini dapat digolongkan ke dalam under achiever.
c.       Tidak berhasil tingkat penguasaan materi (mastery level) yang diperlukan sebagai prasyarat bagi kelanjutan tingkat pelajaran berikutnya. Siswa ini dapat digolongkan ke dalam slow learner atau belum matang (immature), sehingga harus menjadi pengulang (repeater).
2.         Faktor permasalahan dalam kesulitan belajar
a.       Kondisi tempat belajar.
Yang di maksud tempat belajar disini adalah sekolah, rumah, perpustakaan ataupun tempat lainnya yang di gunakan untuk belajar. Tempat belajar ini harus tenang, nyaman, tenteram dan terhindar dari kegaduhan serta kebisingan yang dapat menggangu konsentrasi siswa. maka jika suasana tenang dan tentram suasana belajar akan menjadi kondusif, transfer ilmu berjalan lancar.
b.      Teman dalam belajar bisa guru ataupun siswa lainnya.
Teman disini adalah guru yang bisa diajak diskusi dan teman sepenanggungan dalam belajar sehingga terdapat persepsi yang sama tentang aktivitas yang di lakukan. kontradiksi tidak ada sehingga kebingungan siswa terkait kegiatan tersebut dapat di hindarkan, sehingga siswa menganggap bahwa belajar itu mudah dan yang di mengerti atau di maknai oleh dia juga sama dengan pengertian orang lain di sekitar.
c.       Sarana prasarana belajar.
Dengan sarana yang lengkap maka tidak ada hambatan dalam belajar dengan lengkapnya perlatan belajar maka guru akan mudah menjelaskan dengan alat alat belajar yang mudah di mengerti oleh siswa , tinggal pengajar saja yang memilih mana peraga yang cocok bagi siswa yang dididiknya. maka sara dan prasarana sangat menunjang demi berlangsungnya prioses belajar mengajar.

d.      Motivasi dalam belajar.
Motivasi adalah dorongan dari dalam diri setiap individu siswa. jika siswa tidak memiliki motivasi belajar, terus bagaimana dia mau belajar, dorongan saja tidak ada. maka penting bagi kita memberi motivasi kepada anak didik kita terkait motivasi atau dorongan dalam kita melaksanakan kegiatan belajar.
e.       Dukungan pihak lain dalam belajar.
Dukungan adalah konsumsi mental siswa. dengan kita memberikan banyak dukungan dan perhatian kepada siswa, berarti kita telah membantunya 50 % dalam proses belajarnya. sebab setelah itu pasti siswa tinggal melaksanakan saja apa tugasnya selanjutnya berjalan sesuai dengan apa yang di berikan kepada siswa
f.       Arti belajar itu sendiri.
Banyak orang salah mengartikan apa itu belajar, kalau kita salah mengartikan maka susahlah bagi meningkatkan kemampuan belajar kita. Kebanyakan orang mengartikan belajar adalah bagi anak anak, bagi remaja, bagi orang muda ataupun hanya bagi orang yang bersekolah atau kuliah. padahal tidak. belajar adalah untuk selamanya, belajar adalah sepanjang usia kita, belajar adalah bagi semua jenjang usia maupun umur. maka kita harus menanamkan hal tersebut bagi anak-anak kita suya mereka paham bahwa belajar adalah tidak terbatas umur dan itu dilakukan untuk dirinya sendiri.
Dengan memahami berbagai faktor tersebut, hendaknya kita paham tentang akar masalah dan solusinya bagi anak anak kita supaya anak didik kita menjadi anak yang cerdas, pandai dan terhindar dari sifat kemalasan dalam menuntut ilmu.

B.     Langkah-langkah penyelesaian Masalah Kesulitan Belajar
Bimbingan belajar merupakan upaya guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajarnya. Secara umum, prosedur bimbingan belajar dapat ditempuh melalui langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Identifikasi kasus
Identifikasi kasus merupakan upaya untuk menemukan siswa yang diduga memerlukan layanan bimbingan belajar. Robinson dalam Abin Syamsuddin Makmun (2003) memberikan beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi siswa yang diduga mebutuhkan layanan bimbingan belajar, yakni :
·         Call them approach; melakukan wawancara dengan memanggil semua siswa secara bergiliran sehingga dengan cara ini akan dapat ditemukan siswa yang benar-benar membutuhkan layanan bimbingan.
·         Maintain good relationship; menciptakan hubungan yang baik, penuh keakraban sehingga tidak terjadi jurang pemisah antara guru dengan siswa. Hal ini dapat dilaksanakan melalui berbagai cara yang tidak hanya terbatas pada hubungan kegiatan belajar mengajar saja, misalnya melalui kegiatan ekstra kurikuler, rekreasi dan situasi-situasi informal lainnya.
·         Developing a desire for counseling; menciptakan suasana yang menimbulkan ke arah penyadaran siswa akan masalah yang dihadapinya. Misalnya dengan cara mendiskusikan dengan siswa yang bersangkutan tentang hasil dari suatu tes, seperti tes inteligensi, tes bakat, dan hasil pengukuran lainnya untuk dianalisis bersama serta diupayakan berbagai tindak lanjutnya.
·         Melakukan analisis terhadap hasil belajar siswa, dengan cara ini bisa diketahui tingkat dan jenis kesulitan atau kegagalan belajar yang dihadapi siswa.
·         Melakukan analisis sosiometris, dengan cara ini dapat ditemukan siswa yang diduga mengalami kesulitan penyesuaian sosial
2.      Identifikasi Masalah
Langkah ini merupakan upaya untuk memahami jenis, karakteristik kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa. Dalam konteks Proses Belajar Mengajar, permasalahan siswa dapat berkenaan dengan aspek : substansial-material; structural- fungsional; behavioral; dan personality. Untuk mengidentifikasi masalah siswa, Prayitno dkk. telah mengembangkan suatu instrumen untuk melacak masalah siswa, dengan apa yang disebut Alat Ungkap Masalah (AUM). Instrumen ini sangat membantu untuk mendeteksi lokasi kesulitan yang dihadapi siswa, seputar aspek : jasmani dan kesehatan; diri pribadi; hubungan sosial; ekonomi dan keuangan; karier dan pekerjaan; pendidikan dan pelajaran; agama, nilai dan moral; hubungan muda-mudi; keadaan dan hubungan keluarga; dan waktu senggang.


3.      Diagnosis
Diagnosis merupakan upaya untuk menemukan faktor-faktor penyebab atau yang melatarbelakangi timbulnya masalah siswa. Dalam konteks Proses Belajar Mengajar faktor-faktor yang penyebab kegagalan belajar siswa, bisa dilihat dari segi input, proses, ataupun out put belajarnya. W.H. Burton membagi ke dalam dua bagian faktor – faktor yang mungkin dapat menimbulkan kesulitan atau kegagalan belajar siswa, yaitu : faktor internal; faktor yang besumber dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti : kondisi jasmani dan kesehatan, kecerdasan, bakat, kepribadian, emosi, sikap serta kondisi-kondisi psikis lainnya; dan faktor eksternal, seperti : lingkungan rumah, lingkungan sekolah termasuk didalamnya faktor guru dan lingkungan sosial dan sejenisnya.
4.      Prognosis
Langkah ini untuk memperkirakan apakah masalah yang dialami siswa masih mungkin untuk diatasi serta menentukan berbagai alternatif pemecahannya, Hal ini dilakukan dengan cara mengintegrasikan dan menginterpretasikan hasil-hasil langkah kedua dan ketiga. Proses mengambil keputusan pada tahap ini seyogyanya terlebih dahulu dilaksanakan konferensi kasus, dengan melibatkan pihak-pihak yang kompeten untuk diminta bekerja sama menangani kasus – kasus yang dihadapi.
5.      Remedial atau referal (Alih Tangan Kasus)
Jika jenis dan sifat serta sumber permasalahannya masih berkaitan dengan sistem pembelajaran dan masih masih berada dalam kesanggupan dan kemampuan guru atau guru pembimbing, pemberian bantuan bimbingan dapat dilakukan oleh guru atau guru pembimbing itu sendiri. Namun, jika permasalahannya menyangkut aspek-aspek kepribadian yang lebih mendalam dan lebih luas maka selayaknya tugas guru atau guru pembimbing sebatas hanya membuat rekomendasi kepada ahli yang lebih kompeten.
6.      Evaluasi dan Follow Up
Cara manapun yang ditempuh, evaluasi atas usaha pemecahan masalah seyogyanya dilakukan evaluasi dan tindak lanjut, untuk melihat seberapa pengaruh tindakan bantuan (treatment) yang telah diberikan terhadap pemecahan masalah yang dihadapi siswa. Berkenaan dengan evaluasi bimbingan, Depdiknas telah memberikan kriteria-kriteria keberhasilan layanan bimbingan belajar, yaitu :
·         Berkembangnya pemahaman baru yang diperoleh siswa berkaitan dengan masalah yang dibahas;
·         Perasaan positif sebagai dampak dari proses dan materi yang dibawakan melalui layanan, dan
·         Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh siswa sesudah pelaksanaan layanan dalam rangka mewujudkan upaya lebih lanjut pengentasan masalah yang dialaminya.
Sementara itu, Robinson dalam Abin Syamsuddin Makmun (2003) mengemukakan beberapa kriteria dari keberhasilan dan efektivitas layanan yang telah diberikan, yaitu apabila:
·         Siswa telah menyadari (to be aware of) atas adanya masalah yang dihadapi.
·         Siswa telah memahami (self insight) permasalahan yang dihadapi.
·         Siswa telah mulai menunjukkan kesediaan untuk menerima kenyataan diri dan masalahnya secara obyektif (self acceptance).
·         Siswa telah menurun ketegangan emosinya (emotion stress release).
·         Siswa telah menurun penentangan terhadap lingkungannya
·         Siswa mulai menunjukkan kemampuannya dalam mempertimbangkan, mengadakan pilihan dan mengambil keputusan secara sehat dan rasional.
·         Siswa telah menunjukkan kemampuan melakukan usaha –usaha perbaikan dan penyesuaian diri terhadap lingkungannya, sesuai dengan dasar pertimbangan dan keputusan yang telah diambilnya
C.    Penyelesaian  Permasalahan Dalam Kesulitan Belajar Yang Dihadapi Ach. Junaidi
Berdasarkan hasil wawancara secara langsung dengan Ach. Junaidi mengatakan bahwa faktor yang membuatnya mengalami kesulitan belajar adalah :
1.      Kurang menaruh minat terhadap pelajaran sekolah.
2.      Banyak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang bertentangan dan tidak menunjang pekerjaan sekolah, malas belajar.
3.      Memiliki kebiasaan belajar dan cara bekerja yang salah
4.      Sering izin tidak mengikuti pelajaran sekolah.
5.      Kelemahan  dalam kondisi keluarga ( status ekonomi, pendidikan )
Permasalahan dalam kesulitan belajar yang dihadapi Ach. Junaidi, maka dapat diberi cara penyelesaian masalah sebagai berikut :
1.      Untuk pemecahan masalah bagi siswa yang kurang menaruh minat tehadap pelajaran sekolah dan malas belajar, guru harus bisa memberi inovasi pelajaran dalam kelas, pemberian tugas dan tugas rumah yang mempunyai nilai pendidikan.
2.      Untuk pemecahan masalah bagi siswa yang memiliki kebiasaan belajar dan cara bekerja yang salah, guru mengarahkan agar siswa merubah cara belajarnya dengan cara menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan diri siswa tersebut karena setiap siswa mempunyai perbedaan dalam belajar.
3.      Untuk pemecahan masalah bagi siswa yang sering izin, dari sekolah harus memberi penegasan dalam aturan sekolah dan tata tertib yang ada dan mencari penyebab sering izinnya siswa dengan menemui orang tua.
4.       Untuk pemecahan masalah kelemahan dalam kondisi keluarga dan siswa juga harus membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan keluarga, guru harus bisa memberikan arahan agar antara siswa tugas utamanya adalah belajar dan dalam mengerjakan pekerjan lain harus bisa-bisa mengatur waktu, mempunyai perencanan yang akhirnya tidak mengutamakan pekerjaan lain tersebut.
Dan orang tua juga mempunyai peran penting dalam penyelesaian kesulitan belajar yang dihadapi anaknya dengan cara memberi dorongan belajar, mengawasi dan perhatian pada anak, motivasi dalam belajar, dan member bimbingan yang baik agar si anak bisa merubah dan bisa merubah kesulitannya dalam belajar. Namun dalam pemecahan masalah kesulitan belajar ini akan berjalan dan berguna apabila dari diri anak atau siswa muncul dorongan dan keinginan melakukan perubahan untuk pencapaian pemecahan masalah ke yang baik dan mendapatkan hasil perubahan dalam diri anak atau siswa tersebut.



No comments:

Post a Comment